Datangi Gudang, Warga Bringkang Gresik Hentikan Ibadah Umat Katolik | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Datangi Gudang, Warga Bringkang Gresik Hentikan Ibadah Umat Katolik

Editor: Rohman
Wartawan: Syuhud
Minggu, 10 April 2022 22:32 WIB

Warga Desa Bringkang, Kecamatan Menganti, Gresik, saat demo menghentikan aktivitas ibadah umat Katolik di gudang. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Warga Desa Bringkang, Kecamatan Menganti, Kabupaten mendatangi sebuah gudang yang digunakan tempat ibadah umat Katolik, Minggu (10/4/2022). Mereka melakukan aksi penolakan dengan berunjuk rasa di depan pintu gerbang gudang yang sedang digunakan ratusan umat Katolik untuk beribadah.

Warga menolak pendirian gereja dan kegiatan peribadatan karena pengurus gereja diduga melanggar kesepakatan bersama yang telah dibuat dengan pihak warga di Pendopo Kecamatan Menganti pada Sabtu (9/4/2022) kemarin.

Dalam pertemuan itu, telah dibuat sejumlah kesepakatan sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor: 9 dan 8 tahun 2006. Namun, warga menilai kesepakatan bersama itu tidak dilanggar, sehingga warga dan tokoh masyarakat setempat bereaksi.

Pelaksana tugas (Plt) , , mengatakan bahwa pihaknya bersama forkopimcam dan tokoh masyarakat telah menggelar audiensi dengan pihak-pihak yang bersangkutan, baik dari pengurus gereja maupun dari pihak warga yang menolak.

"Alhamdulillah sudah klir, selesai. Memang Sabtu (9/4/2022) kemarin ada kesepakatan bersama kedua belah pihak terkait SKB dua menteri secara tertulis, dan bertanda tangan pihak masing-masing. Namun, kesepakatan itu dilanggar," ujarnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video